Mencari dan Menjemput Malam Lailatul Qadar

Tak terasa bulan Ramadhan tinggal menyisakan beberapa hari lagi untuk meninggalkan kita semua. Bulan yang penuh rahmat, ampunan dan keberkahan yang Luar Biasa.

mencari-malam-lailatul-qadar-www.ayatkursi.wordpress.com

Seperti yang kita ketahui bersama di dalam bulan Ramadhan ada satu malam yang SANGAT Luar Biasa yang di kenal dengan malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan seperti firman Allah :

“Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Al – Qadr: 3-5)

Malam Lailatul Qadar turun pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah :

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Untuk itu mari di sisa hari yang ada di bulan Ramadhan ini kita rapatkan barisan dengan memperbanyak ibadah sunah dan i’tikaf di masjid guna i’tikaf di masjid.

Dengan mengamalkan Riyadhoh Ayat Kursi secara istiqomah juga merupakan salah satu cara mencari dan mendapatkan malam lailatul qadar.

Berikut 6 tanda-tanda malam lailatul qadar di bulan Ramadhan :

  1. Udara dan suasana pagi terasa sangat tenang

Dari Ibnu Abbas, Rosullulah SAW bersabda. Lailatul Qodar merupakan malam yang sangat lembut, tidak begitu panas, tidak begitu dingin dan di pagi harinya pun matahari muncul bersinar sangat lemah kemerah-merahan (HR. Ath Thoyalisi)

  1. Sinar matahari lemah, tapi tidak bersinar pada keesokan harinya

Tanda malam Lailatul Qodar berikutnya adalah matahari muncul ketika pagi hari tanpa bersinar cukup terang dan berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Seperti halnya yang tercantum di dalam sabda Rasullulah SAW di mana matahari pada keesokan harinya setelah malam Lailatul Qodar akan menjulang sangat tinggi. namun matahari tersebut tidak akan bersinar mamanasi bumi, melainkan hanya mengeluarkan sinar lembut dan lemah.

  1. Terkadang terbawa ke dalam mimpi

Tanda ketiga munculnya malam lailatul qadar ini adalah terkadang terbawa ke alam mimpi. Memang tidak semua bisa merasakan tanda ketiga ini. Akan tetapi para sahabat Nabi Muhammad SAW hampir semuanya mendapatkan malam Lailatul Qodar melalui mimpi ketika mereka terlelap tidur.

  1. Bulan nampak terlihat separuh nampan atau lingkaran

Ketika Abu Hurairroh berdiskusi mengenai tanda datangnya malam Lailatul Qodar disamping Nabi Muhammad SAW. Kemudian sang Rasullulah SAW berkata bahwa tanda malam penuh keberkahan ini adalah bulan terlihat separuh nampan atau bulatan.

  1. Udara dan angin terasa sangat tenang dan sejuk

Malam Lailatul Qodar di dalam Al-Qur’an digambarkan dengan malam yang penuh berkah dan ketenangan. Semua malam akan sangat berbeda ketika memasuki malam Lailatul Qodar ini. Saat malam lailatul qodar suasana tenang, udara terasa sangat sejuk, tidak panas, tidak dingin, tidak hujan dan tidak ada pelemparan bintang (meteor). Bahkan suansana di dalam sebuah anggota keluarga akan sangat terasa nyaman sekali, tidak sama dengan malam-malam sebelumnya di bulan Ramadhan.

  1. Datang di hari atau tanggal yang ganjil

Dari HR Bukhari Muslim, Rasullulah pernah bersabda bahwa malam Lailatul Qodar akan jatuh pada hari ganjil dari sepuluh hari bulan Ramadhan yang terakhir. Ini berarti malam Lailatul Qodar akan jatuh satu minggu terakhir di bulan Ramadhan.

Doa malam Lailatul Qadar yang diajarkan ole Rasulullah SAW :

“ Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’ fu’anni “

Artinya : Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.

Demikian artikel “Mencari dan Menjemput Malam Lailatul Qadar” ini saya persembahkan dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin…

Baca juga : Rahasia Tersembunyi Bacaan Ayat Kursi per Kata

Klik tulisan warna Biru untuk membaca tulisan/artikel yang lain.

# Di mohon apabila meng-copy dan memuat ulang artikel yang ada di blog ini untuk menyertakan sumber link/tautan artikel atau link blog ini agar menjadi manfaat dan keberkahan untuk kita semua.

Klik salah satu logo : Facebook, Twitter, Email, Google Plus dan lainnya dibawah ini untuk berbagi manfaat dan keberkahan artikel ini dengan teman, sahabat dan saudara anda.

Iklan

One comment on “Mencari dan Menjemput Malam Lailatul Qadar

  1. Ping-balik: Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur dan Jangan Tidur Setelah Makan Sahur | Gaya Hidup Sehat

Komentar ditutup.